5th November 2015,

Day 1

Happy birthday my mom! Yap, hari ini merupakan hari ulang tahun ibuku. Sekaligus hari inipula aku berangkat ke Thailand. Belum lama sih aku merencanakan ke Thailand pada hari ini. Awalnya sih mau Desember waktu minggu tenang, tapi karena libur tengah semester nggak ada rencana dan uang tabungan cukup, akhirnya aku putuskan buat pergi sekarang. Sebenernya ada rasa menyesal juga sih kenapa aku ga milih buat pulang ke Jogja aja buat ngasih surprise ke ibu. Tapi, lebih baik aku mewujudkan impianku buat pergi ke negeri minoritas muslim. Selama ini aku kepengen kan. Akhirnya buat ultah ibuku aku ngirim foto. Fotonya nggak kuposting di sini. Malu.

Aku berangkat ke Thailand sama temen dari Indonesia juga yang exchange di UPM. Kita dulu housemate (sebelum aku pindah ke dorm). Kita janjian ketemu di KTM Serdang jam 8 dan hebatnya aku baru sampe TKP jam 9, gara-gara nunggu bus South City lama banget. Setelah itu kita menuju KL Sentral dan dari KL Sentral naik bus ke airport. Kita berdua beda penerbangan. Yah karena satu lain hal sih. Setelah sampai di airport kita langsung check in dulu dan makan. Akhirnya saatnya aku terbang. Jujur, walau udah 2 kali naik pesawat ke luar negeri (terakhir kali naik pesawat tahun lalu, tapi yang bayar baru 2 kali. Maklum, berkat bapak) aku masih deg-degan. Takut gitu.

Setelah 2 jam 15 menit, akhirnya sampailah di Don Mueang Airport. Alhamdulillah Thailand.... Aku, temenku, dan Moli (temen satu kampus yang exchange ke Thailand) janjian ketemu di gate 5. Agak lama sih aku dan temenku, akhirnya ketemu Moli juga. Oiya, sebelumnya aku sholat dulu di airport.
Assalamualaikum Thailand

Destinasi pertama, yaitu ke Asiatique. Kami naik bus dari airport ke Mo Chit dan naik MRT ke Taphan Taksin (semoga bener penulisannya). Lanjut naik kapal menuju Asiatique. Setelah sampai kita makan dulu. Makannya di tempat yang halal. Aku pesan semacam soto. Moli juga. Oh temenku ini Budha, jadi dia pesen makanan haram (dia sendiri yang nyebutnya haram lho).
desain masjidnya bagus ya

Asiatique!!!
sengaja nggak naik, soalnya mahal sih
gembok cinta nggak cuma ada di Korea, di Asiatique juga ada
Next, kita tuker uang, jalan-jalan, foto-foto, belanja sedikit kalap. Disini murah, trus tanpa sadar jadi kalap huhu. Padahal masih ada rencana belanja di Chatuchak.

Setelah capek keiling, kita putuskan pulang. Kita pulang naiknya kapal, MRT, dan bus. Turunnya di Amorphan, trus lanjut jalan kaki. Oiya, aku posisinya belum ketemu si Nicol nih. Nicol ini juga temen satu kampus yang exchange ke Thailand. Temen seperjuangan, dimana kita sama-sama pengen exchange keluar negeri dan dia juga yang ngasih tau aku tentang program AIMS. Akhirnya kita ketemu juga di 7-11. Oiya, aku nginepnya bukan di dorm mereka, tapi di dorm kakak angkatanku yang lagi master di Thailand. Sampai di dorm, kita langsung ngomongin apa yang akan kita lakukan besok. Aku sih udah buat daftar tempat yang ingin kukunjungi. Tapi temenku pengen ke Pattaya. Setelah melalui sedikit perdebatan, akhirnya diputuskan kalau besok keliling Kasertsart, Bangkok Aquarium, Grand Palace, Siam Paragon, dan Asiatique (lagi).

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
6th November 2015

Day 2

Sampai Kasertsart University, kita makan dulu di Burmai. Makanan halal. Hmm... bau pork mulai tercium. Masih bisa ditolerir. Sebenernya di Kasertsart pengen banget liat bunga matahari, ternyata udah nggak ada bunganya. Lanjut kita menuju Bangkok Aquarium. Sebenernya sih aquariumnya ini masih di dalem kampus Kasertsart. Buat menuju ke aquariumnya kita musti nglewatin bazar. Di bazar ini aku nemu bibit sunflower!!! Langsung beli hahah. Dan buat masuk ke akuariumnya harus ngelewatin pasar Jumat dan inilah cobaan yang menurutku berat..... Hidungku sensitif dan aku pengen muntah. Bau pork nya yang aku nggak tahan... Punya hidung yang sensitif itu antara enak dan nggak.
breakfast at Burmai. Ready for next adventure!
Bangkok Aquarium cuma bayar 20 baht. Kalau pakai student card bisa free. Di dalem kita foto-foto asyik. Lanjut deh ke Grand Palace, naik bus. Karena cukup jauh, kita sampe tertidur di bus. Sampai di Grand Palace. Di Grand Palace aku juga janjian ketemuan sama Uswa, temen satu komunitas Muda Menginspirasi pas di Jogja. Dia juga exchange di Thailand, beda universitas dnegan Nicol dan Moli. Next, akhirnya kita masuk di Grand Palace. Tapi temenku nggak masuk. Kita foto-foto sampai puas dan puanasnyaaa dahsyat. Yap, Bangkok memang panas dan high humidity. Next, lanjut deh ke Wat Sraket. Ini temple juga dan lebih adem karena banyak pohon. Temenku ibadah di sini. Katanya dari dulu kepengen ibadah di Thailand. Di sini harusnya sih bayar 20 baht, tapi karena pakai student card, jadinya free.
foto sama ikan pari lucu

yaaaiiii akhirnya ketemu Uswa!!
Temple-nya ini naik gitu. Golden Mountain. Baguuuuusss... pemandangan Bangkok terlihat jelas. Kita ambil banyak foto di sini. Oiya, dipuncaknya juga ada wifi. Baiklah. Aku bisa ngabarin orang rumah. Soalnya aku sama sekali gak bisa konek wifi manapun karena nggak beli kartu lokal.
Moli, Nicol, Pink.
Banyak perjuangan yang kita lakukan sampai akhirnya ketemu di sini
kayak di luar negeri ya (maksud lo?)
spot terkeren dari Wat Sraket
akhirnya ibadah juga ni anak. Syukurlah impiannya buat ibadah di Thailand tercapai

Next, lanjut ke MBK dulu. Ini mall sih. Kita kesini buat makan dan solat. Pas mau ke area foodcourtnya, aku milih buat nggak masuk. Karena tadi abis mencium bau pork yang menyengat, hidungku masih sensitif dan rasa mual itu muncul. Aku mutusin buat nggak makan aja dan ke prayer room. Akhirnya si Uswa nemenin aku juga (tapi dia udah makan). Setelah sholat, kita lanjutkan ke BACC (Bangkok Art and Culture Center). Ngapain ke sini? jawabannya: iseng. Mumpung satu jalur ke Siam Paragon. Kita keliling, liat-liat lukisan walau nggak ngerti dan foto-foto. Next lanjut jalan ke Siam Paragon. Aku dan Uswa cari prayer room. Oiya, yang ke Siam ini cuma aku, temenku, Uswa, dan Nicol. Si Moli udah pulang duluan karena besoknya dia ada ujian. Setelah Siam, lanjut ke Asiatique (lagi). Disini sih tujuannya foto-foto. Dan aku beli topi kuping Minnie Mouse!!! mahal sih... tapi worth lah.
lukisan di BACC. Kebanyakan tentang Melaka, Malaysia.
yaaii Topi Minnie Mouse
BACC
Setelah pegel maksimal, akhirnya kita pulang. Otsukareee~

7th November 2015

Day 3

Hari ini jadwalnya ke Chatuchak Market. Yosh! Shopping! Padahal duit nggak nyampe 1000baht, tapi diri ini udah berencana mau belanja. Hari ini nggak sama Moli dan Nicol, tapi sama anak-anak exchange lain seperti Indri, Melly, Lastri, Fatihah, dan Beta (semoga nggak ada yang lupa kesebut). Kita janjian d 7-11 dan sarapan dulu di Amorphan. Warung halal. Di sebelah warungnya ini toko kain dan aku menemukan kain yang selama ini kucari-cari!!! duh sayangnya aku baru mau belanja, jadi kupending dulu. Rencananya sih nanti setelah pulang. Next, lanjut menuju ke Chatuchak Market.

Market ini hanya buka saat weekend dan isinya luar biasa! Murah, banyak, bagus-bagus. Targetku yaitu: tas kecil, sabun buah, keychain, dan makanan kecil. Selama perjalanan muter-muter nyari barang, ketemu dengan orang Malaysia juga. Oh, abangnya minta foto bareng sama kita-kita haha.

Setelah itu kita menuju ke Platinum. Ini mall tapi the largest wholeshale for clothes. Bener-bener murah, desainnya lucu-lucu, pokoknya oke banget lah. Tapi disini aku nggak belanja. Hemat..... Oiya, di depan Platinum sedang ada exhibition visit Indonesia. Waaahh jadi kangen. Mau beli makanannya tapi kok mahal. Yasudah ga jadi haha

Next, kita lanjut ke MBK, BACC, dan Siam Paragon (lagi). Lumayan nih di BACC nonton grup lawak yang terkenal di Thailand (entah apa namanya) free. Di Siam Paragon sedang ada Bangkok International Fashion Week. Keliahatannya banyak artis. Tapi sayangnya ga apal muka artis sana. Tapi pakaiannya keren-keren, kan jadi minder.....

Setelah capek, pulang. Tapi toko kainnya tutup huhu... besok berangkat ke airport pagi-pagi.

8th November 2015

Day 4

Rencana mau berangkat ke Airport jam 6. Sampai sekitar jam setengah 6 belum juga ketemu dengan seniorku yang kamarnya kutumpangi. Tak ada wifi membuatku ga bisa berkutik. Akhirnya Kak Ida, seniorku datang. Setelah ngobrol dan foto-foto, akhirnya kita pamit pulang. Kita pulang naik taksi dan..... finally. Nyampe lagi deh di Kuala Lumpur. Oiya, temenku nggak ikut balik ke Malaysia, dia langsung Ke Singapur.

Perjuangan menuju dorm nggak mudah. Aku harus naik bus dulu ke KL Sentral, trus makan dulu saking laper dan hausnya aku belum makan sejak dari berangkat, baru deh pulang naik KTM dan ke dorm naik bus South City, Alhamdulillahnya nggak butuh waktu lama buat nunggu.