Kamis, 04 Februari 2016

Sargassum Story: Start!

Haiii....
akhirnya mulai posting blog lagi setelah sekian lama. Sebelumnya, maafkan aku yang tak sempat update cerita selama di Malaysia lagi. Feel untuk nulisnya sudah hilang :'' (maap, maap).
Sekarang aku memulai kehidupanku lagi (haha). Setelah pulang dari MY, aku masih punya tanggungan skripsi. Skripsiku dimulai dari penelitian. Penelitianku masih sama seperti tahun lalu (sebelum kutinggal ke MY), tentang seaweed, Sargassum.


Karena sampel sebelumnya menghasilkan hasil yang tak bagus, kami, satu tim, sepakat untuk mengganti sampel. Aku baru mulai mencari sampel waktu hampir akhir Januari, bersama 3 orang teman lainnya yang satu topik. Butuh perjuangan buat ambil sampelnya: nunggu surut, hujan, nunggu hujan, seleksi sampel sambil menghadapi ombak, sampai kepleset diantara karang dan ngangkat karung-karung berisi Sargassum.

Selasa kemarin aku memulai untuk proses. Aku dengan sabarnya ngeblender sampel kering sampai jadi bubuk. Perlu waktu sekitar 3-4 jam buat ngeblender satu kresek sampel dan jadinya cuma 400gram (pas tau rasanya pengen nangis). Dikit banget astaga.... minimal 20kg sampel bubuk yang kubutuhkan.

Esoknya, aku mulai ekstraksi. Tapi kali ini aku hanya percobaan saja. Tidak seperti sebelumnya, aku langsung ekstraksi banyak banget dan waktu itu ngaduk manual selama 4 jam. Kali ini, aku pakai stirer, berhubung sampelnya sudah bentuk bubuk. Kali ini aku nggak mau buang-buang energi seperti sebelumnya.

Perlu diketahui, waktu aku penelitian tahun lalu, aku kesannya buru-buru. Waktu itu aku sambil KKN, aku harus bolak balik lokasi KKN-kampus demi penelitian. Selain buang energi, buang waktu juga. Selain itu, saat itu juga aku masih pusing dengan segala urusan exchange. Triple trouble lah. Pas mau tinggal analisisnya sampelku tumpah!!! Aku buang waktu 2 jam ku demi sampelku yang tumpah. Rasanya pengen nangis.....

Berdasarkan pelajaran waktu itu, kali ini aku udah memutuskan sesuatu: penelitian kulakukan dengan hati-hati, tenang, dan nikmatin progressnya. Target tetep ada. Tapi nggak memaksakan diri kok hehe...

Yah... skripsi melalui penelitian di laboratorium ini emang ga mudah. Gagal, ulang lagi dari awal. Pokoknya semangat semester ini!! YEAAHH



nb: semoga setelah lulus segera diterima di LIPI (Aaaamiiinn)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Hey! Say! PINK. Template Design By: SkinCorner