Day 1, September 1st 2015
Akhirya hari keberangkatan pun tiba. Bawa 1 koper dengan isi penuh dan 1 tas jinjing dengan isi oleh-oleh. Aku sebenernya deg-degan banget. Gimana enggak? Lha wong visa aja belum ada. akhirnya sampai di bandara. Langsung check in. Ternyata kalau mau pakai visa on arrival harus punya tiket pulang untuk keberangkatan pertama. Ya, aku baru pertama ini ke luar negeri. Secepat kilat lah aku langsung bilang ke ortu yang lagi nunggu di depan buat beli tiket. Setelah panic, akhirnya kebeli juga tuh. Bye 700rb. Setelah check in aku keluar, di luar udah ada keluargaku dan sahabat-sahabatku di SMA. Aku nangis.
Gimana nggak… aku punya mimpi bisa studi ke luar negeri. Ke Jepang sih kepengennya, tapi rejekinya baru ada Malaysia. Taun ini Malaysia, taun depan Jepang!! Nah, makanya aku nangis terharu gitu… ketiga sahabatku yang dating ini udah dari lamaaaaaaa banget selalu menyemangati. Selalu ngingetin aku tentang impianku. Apalagi mereka datang pas aku mau pergi gini, bahkan si Fifi dan Fitra yang mau kuliah juga nyempetin dateng, dan si Sari yang baru banget nyampe Jogja selesai dari KKN juga dateng. Thanks my girls, I’ll miss you so matcha!
Setelah pamitan aku segera masuk ke waiting room. Sempet kehalang pas dipemeriksaan barang yang mau dibawa ke kabin. Punya ku terlalu besar. Tapi akhirnya dibolehin gegara aku bilang buat oleh-oleh. Isinya emang oleh-oleh buat supervisor dan staff sih… Di waiting room aku asik telponan sama Nita. Sedih… Nita nggak bisa dateng. Dan aku baru tau kalo harusnya aku segera masuk ke waiting room yang di dalem. Panic. Untungnya delay. Aku sempetin juga solat (walau terburu-buru). Ini penerbangan pertama tanpa ortu dan keluar negeri.
Akhirnya boarding dan sampai juga di Malaysia. Cuacanya mendung. Kukira. Ternyata itu ‘’jerebu’’ a.k.a kabut asap. Dari pesawat sampai tempat ambil barang jauuuuhh banget. Di Jogja kan cute gitu airportnya. Jadi ya katrok. Next, sampai juga d meja pemeriksaan passport. Jeng jeng. Aku disuruh ke bagian imigrasi. Udah lemes banget nih. Akhirnya aku ke imigrasi dan ceritain semua masalahku dan solusi yang diberikan oleh international office di kampus baruku. Akhirnya aku diperbolehkan tapi Cuma dapet waktu 2 minggu supaya bisa urus visa. Huuuffttt….. cobaan lagi ya Allah.
Next, saatnya cari barang. Saking besarnya airportnya, aku sampe bingung yang mana bagasiku. Akhirnya setelah muter-muter gak jelas, ketemu juga. Langsung keluar dan diluar udah ditunggu dari pihak fakultasku.   Beliau nunggu 2 jam. FYI, harusnya aku sampai jam 3, tapi justru delay dan nyampenya jam setengah 5. Belum termasuk pas tersendat di imigrasi.
Karena sudah masuk ashar, kami mampir di Masjid dekat airport. Super gede. Mungkin nggak sebesar masjid istiqlal. Tapi tempatnya enak banget. Ada taman dan suasananya sejuk. Oke, lanjut menuju kampus. Sepanjang jalan banyak lading sawit dan tanahnya merah. Jadi inget pas masih tinggal di Dumai deehh….
Sampai juga akhirnya. Kampusnya luuuuuuuaaaaasssss banget. Aku langsung dianter ke guest house. Sebenernya aku pesennya dorm, tapi sebelum masuk dorm harus mampir dulu di guest house. Ternyata, di dalem udah ada mahasiswa lain dari Indonesia!! Yaampun surprise!! Namanya Stacie. Ada juga yang dari Jepang, Kae. Roommate ku dari Thailand, Yui. Ada lagi anak Jepang, tapi hari ini dia nginep di rumah supervisornya. Kita ngobrol panjang lebar dan ternyata mereka punya masalah yang sama >> visa. Bhay!
Then, time to dinner! Jam 8an. Kita dijemput sama temennya Stacie yang ternyata Buddy di kampus kami. Kita makan di restoran Steak n Chop. Harganya sih normal. Tapi aku milihnya apa coba? Chicken burger dan The ‘O’ Limau a.k.a lime tea! Nyari murah sebenernya wkwk. Ternyata ada buddy lain yang gabung dan kita kenalan. Besok orientasi dan mereka bakal ada.
Self service. Antimanja and no cheating

Pulangnya kita mampir dulu di supermarket. Perlu diketahui, kita satu GH kehausan. Jadilah kita borong air minum wakakak. Setelah itu mampir lagi di pom bensin. Uniknya sistemnya self service. Antimanja bray. Sampai GH! Time to sleep…


Day 2, September 2nd 2015
Kebangun jam 3. Masih gelap. Mainan hp deh. Update sana sini. Mencoba tidur lagi. Kebangun lagi jam 5. Udah masuk subuh belum ya… liat ke luar. Masih gelap. Yaudah solat tahajud dulu. Coba tidur lagi. Udah nggak bisa. Cek di google waktu solat. Subuhnya jam 6 ternyata. Demi apa lama banget ini mah…. Sekitar setengah 7 mandi. Ngobrol-ngobrol sama Yui. Akhirnya setengah 8 kita bergerak menuju GH cowok. Ada anak Thailand lain yang satu program denganku. Sedihnya, mereka beda fakultas huehue. Kita nunggu mereka siap-siap. Dan tak lama kemudian akhirnya terkumpulah international student yang lain dari Korea dan Kazakstan. Kita jalan dari GH sampa lokasi orientasi. Jauh men… panas pula. Sampai TKP jam setengah 9. Setelah absen kita diperbolehkan breakfast. Breakfastnya ala barat gitu. Seneng sih ya… lumayan ngenyangin juga kok.
Korea, Indonesia, Thailand, Jepang

Next masuk ke ruangan dan ruangannya seperti tempat konferensi. Aku mendadak katrok. Baru ini masuk ruang kayak gini sih. Jepret sana sini dulu. Akhirnya acara pun dimulai. Banyak info yang didapet dan aku merasa beruntung bisa ikut orientasi. Disini kita jadi kenal anak-anak international student dengan berbagai programnya. Apalagi dapet breakfast dan lunch free wakaka.
Breakfast

Lunch

 Buat aku yang masih newbie dan belum tau daerah di sini, ya beruntung banget donk dapet gratisan. Apalagi orientasi berikutnya di hari sabtu besok pergi jalan-jalan ke Malaka. Yaaaiii…..
Diakhir sesi kita move ke perpustakaannya. Perpustakaannya  guede banget plus modern. Modernnya itu pengembalian dan peminjamannya sudah dibantu alat. Next time kufotoin deh alatnya. Beda sama yang dikampusku. Dan disini jga kita dibagiin mineral water dengan bentuk yang cute. Lucu banget deh! Sayang kalo diminum.

Well, akhir dari hari ini ditutup dengan ngobrol bersama di living room.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Hey! Say! PINK. Template Design By: SkinCorner