Selasa, 13 Oktober 2015

Dreams Come True: Beda Sana Beda Sini

9 Oktober 2015

Udah satu bulan lebih hidup di sini. Banyak banget hal-hal yang berbeda. Baik dalam kehidupan sehari-hari atau pas di kuliah. Beberapa contoh nih kalau yang dikuliah ya:
  •         Keterlambatan masuk

Kalau di home university ku kalo telat masuk, ya ga boleh masuk. Tiap dosen beda-beda sih toleransi keterlambatannya berapa lama. Tapi ada juga sih yang ngebiarin mahasiswanya masuk telat. Tapi biasanya si mahasiswa ga berani masuk kalo udah lebih dari setengah jam. Beda disini (atau tiap dosen beda). Pokoknya yang kelasku itu bebas mau masuk jam berapa aja, asal ya jangan telat sejam gitu. Aku juga pernah telah 20 menit gegara bus ga dateng-dateng wkwk.

  • .       Laporan praktikum mudah

Gimana ga mudah? Lha wong satu grup satu laporan. Kan enak banget tuh. Ga perlu begadang nulis capek-capek.  Eiya disini juga dketik, bukan tulis tangan. Pokoknya enak banget dah. Pembahasan juga ga perlu panjang-panjang, yang penting kena intinya.
  •        Ujian dwibahasa

Enak plus kagetnya tu kalo ujian dwibahasa soalnya. Bahasa inggris dan melayu. Bebas mau jawab pakai bahasa melayu atau inggris. Tapi aku pilih inggris. Walau inggris ku pas-pasan dan grammar acak adul, aku pilih inggris. Itung-itung latian. Toh juga baru sekali ujian, kalo nilainya parah, yasudah pake bahasa melayu aja. Beda dengan disini yang pake bahasa Indonesia (dan aku kangen bahasa Indonesia anyw). Kalo kelas yang emang pengantar bahasa inggris, baru deh pake bahasa inggris. Jadi ada keuntungan juga kalo missal kita ga ngerti soalnya, karena ada terjemahan bahasa melayunya yang ga jauh beda dengan bahasa inggris. Walau pernah juga yang aku bingung artinya dalam bahasa melayu. Semoga nilai ujianku bagus L


Baru 1 bulan. Pasti 3 bulan ke depan banyak hal-hal yang bikin culture shock. Tapi sejauh ini oke kok kehidupan di sini hehe. Aku seneng bisa ketemu temen-temen yang menyenangkan dengan berbagai ras, agama, dan juga negara. 

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Hey! Say! PINK. Template Design By: SkinCorner