Sabtu, 06 Agustus 2011

Contoh Pidato


Assalamualaikum wr. Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA N 1 Depok
Yang saya hormati Bapak/Ibu guru dan karyawan
Serta teman-teman yang berbahagia

            Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup.
            Hadirin yang berbahagia, seperti yang kita tahu saat ini kendaraan bermotor telah merajalela. Bukan hanya jumlah kendaraan bermotor yang kian meningkat pesat, tetapi juga banyak kendaraan yang tidak dirawat dengan baik, disamping kualitas bahan bakar yang masih mengandung timbal (Pb), sehingga menghasilkan emisi yang dapat mengganggu kesehatan.
            Hadirin yang berbahagia, di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, lalu lintas dalam hal ini kendaraan bermotor, mempunyai andil yang sangat besar dalam memberikan kontribusi pada polusi udara. Konstribusi gas buang kendaraan bermotor sebagai sumber polusi udara mencapai 60-70%, bandingkan dengan industri yang hanya berkisar antara 10-15%. Sedangkan sisanya berasal dari rumah tangga, pembakaran sampah, kebakaran hutan/ladang dan lain-lain.
Hadirin yang berbahagia, emisi memegang peranan penting dalam menimbulkan dampak terhadap kesehatan masyarakat, yaitu dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada manusia melalui berbagai cara, antara lain dengan merangsang timbulnya atau sebagai faktor pencetus sejumlah penyakit. Kelompok yang terkena terutama bayi, orang tua dan golongan berpenghasilan rendah biasanya tinggal di kota-kota besar dengan kondisi perumahan dan lingkungan yang buruk.
Penyakit-penyakit yang disebabkan polusi udara antara lain, kanker paru-paru, kanker lambung, penyakit jantung, dan lain-lain.
            Hadirin yang berbahagia, oleh karena itu marilah kita kurangi polusi udara. Menguranginya dengan cara menanam banyak pohon di sekitar rumah kita dan juga di pinggir-pinggir jalan. Hal itu dapat mengurangi polusi udara karena tumbuhan memerlukan gas karbondioksida untuk fotosintesis dan hasil fotosintesis tersebut sangat berguna bagi kita. Selain itu, kita juga harus mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor dapat diganti dengan sepeda. Penggunaan sepeda sangat membantu dalam usaha mengurangi polusi udara.
            Hadirin yang berbahagia, sekian pidato dari saya. Semoga apa yang saya sampaikan dapat berguna bagi kita semua.
Wassalamualaikum wr. Wb.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Hey! Say! PINK. Template Design By: SkinCorner